Suka yang Manis? Cobain 5 Jenis Sirup Gula Ini

Apakah kamu menyadari bahwa ketika kamu membuat makanan dan minuman, kamu seringkali membutuhkan pemanis yang sudah dalam bentuk cairan? Nah, dalam hal ini, ada baiknya kamu menyediakan sirup gula. Maka dari itu, ketika kita sedang membutuhkan pemanis, secara praktis kita bisa langsung menuangkan sirup gula yang sebelumnya sudah kita simpan di kulkas. Dan pastinya, ada bermacam-macam variasi sirup gula loh yang bisa kita coba, berikut ini ulasannya!

1. Agave Nectar

Agave Nectar menjadi bahan pemanis yang digunakan pada resep-resep barat. Sirup ini dibuat dari daun tanaman agave yang usianya sudah 7 hingga 14 tahun. Setelah sari daun disaring, maka nanti agave akan dimasak menjadi sirup

2. Maple syrup

Sirup gula ini berasal dari getah pohon maple yang diolah menjadi cairan kental dan terasa manis. Kemudian, melalui proses pembuatan sirup ini, wujud bening getah maple akan berubah menjadi kecoklatan karena adanya proses karamelisasi. Biasanya, sirup ini kerap dijadikan pelengkap waffle dan pancake.

3. Sirup Gula Tebu

Jenis sirup yang satu ini memang sangatlah populer di kalangan masyarakat Indonesia karena bisa dibuat secara praktis di rumah. Kita hanya memerlukan gula dan air hangat kemudian masak gula yangs sudah dicampurkan dengan air. Ketika sudah mengental dan gula sudah larut, maka sirup ini bisa kita simpan.

4. Sirup Jagung

Sirup yang terbuat dari tepung jagung ini teksturnya sangat kental dan sering digunakan untuk mencegah gumpalan ketika sedang proses pembuatan saus karamel. Untuk tampilannya sendiri terlihat glossy serta memiliki rasa manis yang lebih rendah dibandingkan sirup gula pasir. Namun, sirup jagung pun dapat digunakan sebagai pengganti sirup glukosa.

5. Sirup Fruktosa

Biasanya, sirup ini dikenal sebagai high fructose corn syrup yang merupakan sirup dari proses perubahan glukosa menjadi fruktosa. Maka dari itu, tidak heran apabila sirup yang satu ini memiliki rasa yang sangat manis. Untuk warnanya sendiri sebenarnya masih berwarna bening, namun teksturnya jadi lebih kental dibandingkan sirup glukosa.