Harga Kambing Aqiqah Paket Terbaik Tahun 2024 – Ciamis

Harga kambing aqiqah akan lebih murah jika mengambil paket tahun ini. Berbeda dengan mencari atau mengolah daging hewan aqiqah itu sendiri. Terlebih lagi, biaya operasional pembuatan semuanya sendiri lebih mahal. Selain itu, Anda perlu mempertimbangkan jumlah energi yang dibutuhkan dalam setiap langkah.
Oleh karena itu, memilih paket hemat Aqiqah menjadi pilihan paling banyak diminati masyarakat Indonesia. Namun, meskipun Anda menggunakan jasa layanan aqiqah, itu semua sesuai dengan persyaratan hukum dan undang-undang Islam. Termasuk mendapat keutamaan dan keberkahan dalam menunaikan aqiqah.
Sebelum itu, ada baiknya kita memahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan aqiqah. Dalam bahasa Inggris, aqiqah atau Akikah mengacu pada rambut di kepala bayi. Menurut istilah aqiqah berarti hewan yang dibunuh dengan sengaja dengan maksud atau untuk menyelamatkan bayi dengan cara dipotong rambutnya.
Oleh karena itu, pada kesempatan ini GB Farm Peternakan akan melihat lebih dekat informasi mengenai aqiqah. Mulai dari update harga kambing aqiqah hingga tahun ini Prioritas penyelenggaraan aqiqah, syarat pelaksanaan, dan terakhir pelayanan aqiqah yang lengkap.

Harga Kambing Aqiqah Berdasarkan Jenisnya

Lalu, berapa harga seekor kambing dari aqiqah? Faktor penentu mahal atau tidaknya suatu hewan untuk aqiqah dapat dilihat dari jenis, umur/umur hewan tersebut, jenis kelamin, dan aspek lainnya. Ada dua jenis spesies hewan yang cocok untuk aqiqah. domba atau kambing. Anda tidak diperbolehkan menggunakan hewan lain seperti ayam, kelinci, burung, ikan, dan sebagainya.
Semakin banyak jenis yang diinginkan dan semakin luas areal yang berjenis kelamin jantan secara alami, maka biayanya pun semakin tinggi. Secara khusus, harganya lebih mahal dari kambing biasa (asalkan diperbolehkan menurut syariat), ukuran sedang dan aktivitas seksual betina.
Untuk kambing berikut ini beberapa jenis kambing yang dimanfaatkan untuk keperluan upacara aqiqah yang ada di Indonesia. Selain hemat biaya dalam jangka panjang, kambing jenis ini juga mempunyai jumlah yang banyak.
1. Kacang Kambing
Apakah kambing lokal dengan ukuran lebih kecil atau sedang, tentu saja harganya murah. Harga kambing aqiqah dari biji dewasa hanya 1 jutaan saja. Karena harganya yang murah kambing kacang biasa dijadikan hewan Qurban atau aqiqah.
2. Kambing Gibas atau Domba
Apakah Anda kambing yang berbulu tebal? rambut gimbal atau yang biasa kita sebut domba. Harga daging domba jauh lebih murah dibandingkan kambing, karena fisiologi domba lebih mudah ditangani dan dagingnya, menurut banyak orang, jauh lebih empuk dibandingkan kambing. Oleh karena itu kambing atau domba gibas ini sangat cocok dijadikan pilihan kambing aqiqah buah hati anda.
3. Kambing Etawa dan Ras Etawa (PE)
Kambing etawa merupakan salah satu jenis kambing perah (penghasil susu), dan masih dapat dijadikan salah satu hewan yang digunakan dalam Qiqah. Salah satu kelemahan kambing etawa adalah dagingnya lebih sedikit dibandingkan kambing pedaging jenis lainnya karena fokusnya pada produksi susu.
Kambing ras etawa (PE) merupakan hasil perkawinan silang dengan kambing etawa dan juga kambing lokal. Kambing PE mempunyai kualitas daging yang lebih baik dan mampu menghasilkan susu yang baik (kambing dwiguna).
Harga kambing aqiqah varietas etawa dan PE sedikit lebih mahal dibandingkan kambing Kacang dan gibas. Harganya bervariasi sekitar 2-4 jutaan tergantung ukuran dan umurnya. Dari keempat varietas kambing aqiqah di atas kemungkinan besar, kambing kacang si gibas lah yang paling terkenal.
Keutamaan dan Hikmah Melaksanakan Aqiqah
Setelah Anda melakukan aqiqah dengan mudah. Sebagai orang tua, Anda akan merasa tenang dan puas. Sebab, kewajiban finansial anak dijamin oleh aqiqahnya menurut para ulama. Ada sejumlah pendapat.
Pertama anak yang meninggal sebelum menerima aqiqah, syafaat dari anak kepada orang tua yang digadaikan pada hari kiamat. Pertimbangan. Kedua, aqiqah yang digadaikan untuk membantu anak agar terhindar dari bahaya yang ada dalam perjalanannya di dunia. Ketiga, aqiqah sebagai pion, agar anak tetap terbebas dari belenggu setan.
Selain itu, melakukan amalan aqiqah mempunyai banyak manfaat dan manfaat. Berikut beberapa pedoman bagi orang tua yang menawarkan amalan aqiqah kepada anaknya.
1. Upaya Terpuji dalam Menghidupi Sunnah Nabi SAW
Harga kambing aqiqah yang terjangkau tentu saja tidak sebanding dengan menunjukkan bahwa kita mencintai Rasulullah . Melalui aqiqah kita bisa membuktikan bahwa kita mencintai Rasulullah. ini adalah upaya terpuji untuk menyebarkan pesan sunnah dan menunjukkan bahwa kita bertaqwa terhadap Islam.
2. Ungkapan Syukur kepada Allah
Aqiqah juga merupakan bentuk rasa syukur kepada orang tua atas kelahiran dan keselamatan anaknya. Selamat untuk bayinya, dan selamat datang untuk ibu. Pentingnya rasa syukur terletak pada perilaku yang menjamin umat Islam tidak mudah tersinggung karena urusan dunia.
3. Bukti Kepedulian Terhadap Sesama Manusia
Aqiqah merupakan salah satu cara memperkuat hablum minannsebagai ‘ikatan, karena daging yang dimasak akan dibagikan kepada masyarakat sekitar. Hal ini merupakan wujud kepedulian terhadap sesama manusia khususnya bagi mereka yang belum pernah merasakan nikmatnya memasak daging kambing.
4.Hikmah Aqiqah Mempererat Persaudaraan
Aqiqah juga akan mempererat ukhuwah atau hubungan antar tetangga, anggota keluarga, dan orang-orang yang mengikuti acara tersebut. Jika anda menunaikan aqiqah tentunya akan mengajak sanak saudara dan tetangga terdekat untuk saling bertemu dan mengenal satu sama lain.
Dalam kasus bayi, Qiqah merupakan sumber hikmah yang banyak bagi kelahirannya ke dunia. Dari doa-doa yang dipanjatkan banyak orang demi keselamatannya dan pahala terbebas dari kekangan setan agar terbebas dari kotoran/penyakit.
Ketentuan Aqiqah dalam Islam
Mengenai ketentuan pelaksanaan aqiqah dapat mengkajinya dari berbagai aspek. Yang terpenting adalah aspek hukum aqiqah, waktu pelaksanaannya dan syarat-syarat hewan aqiqah, serta shalat serta aqiqah yang pantas bagi orang dewasa. Berikut penjelasan rinci mengenai berbagai aspek dan ketentuan aqiqah dalam Islam.
1. Hukum Aqiqah
Sebagian besar ulama berpendapat bahwa hukum aqiqah sunnah muakkad, yaitu sunnah yang mendapat banyak perhatian (hampir sama wajibnya). Demikian pendapat Imam Malik, Imam Syafi’i, Imam Ahmad, dan Abu Thaur.
Pendapat Imam Hasan Al Bashri dan Al Laits Ibnu Sal’ad berikut ini mengungkap syarat aqiqah. Menurut kedua pendapat tersebut, aqiqah merupakan ibadah yang patut dirayakan. Dengan melakukan hal ini, Anda akan memperoleh keutamaan dan hikmah yang besar di Hari Kebangkitan.
2. Waktu Pelaksanaan Aqiqah
Waktu yang paling baik untuk melaksanakan aqiqah adalah pada hari ke 7, 14, atau 21 sejak lahir. Namun boleh saja melaksanakan aqiqah pada hari-hari lain, seperti hari kelahiran bayi hingga hari sebelum bayi mencapai baligh (dewasa).
3. Syarat Aqiqah Kambing
Selanjutnya syarat hewan untuk aqiqah adalah harus terdapat dua hewan, yaitu domba atau kambing. Pilihan terbaik adalah 2 ekor kambing untuk jantan dan satu ekor domba untuk betina. Umur kambing Aqiqah yang paling baik sebaiknya lebih dari dua belas bulan (1 tahun). Hal ini memastikan tersedia cukup daging untuk memberi makan hewan dan masyarakat lainnya dapat menikmatinya.
Domba atau kambing tersebut harus dalam keadaan sehat, tidak cacat dan tidak terlalu kurus. Jika Anda mengunjungi peternakan Gibas Barokah Anda dapat memilih kambing yang paling cocok untuk aqiqah. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan bantuan panggilan video (video call).
4. Sholat aqiqah
Selain niat khusyuk dalam hati untuk menunaikan ritual aqiqah, atau menjadi simbol bahwa aqiqah telah selesai, juga sebagai cara untuk merepresentasikan proses kepada orang lain. Langkah selanjutnya adalah shalat yang meliputi doa sebelum menyembelih hewan aqiqah dan doa sambil mencukur rambut anak. Usai mencukur rambut, hendaknya orang tua meniup ubun-ubun anak sambil membacakan doa kepada Tuhan.
5. Aqiqah untuk Dewasa
Yang dimaksud dengan peristiwa khusus adalah, dimana sampai dewasa tidak menerima aqiqah. Bagaimana sikap orang dewasa yang telah baligh namun belum mendapatkan aqiqah melalui orang tua atau kakek dan neneknya, mungkin pada saat orang tuanya tidak mampu, atau mungkin orang tuanya sudah meninggal? Apakah ada aturan dalam menjalankan aqiqah sunnah bagi diri sendiri?
Menurut pendapat para ulama, tidak ada larangan melakukan aqiqah sendiri. Dengan demikian, bagi mereka yang sudah lewat masa pubertas dan sudah dewasa serta belum pernah mendapat kesempatan menunaikan aqiqah, dapat melakukannya sendiri. Tetap mendapatkan keutamaan dan hikmah dari Aqiqah.
#hargakambingaqiqah #kambingaqiqah #syaratkambingaqiqah #umurkambingaqiqah #hargakambingaqiqahjawatengah #hargakambingaqiqahnurulhayatsurabaya #hargakambingaqiqahsurabaya #hargakambingaqiqahsidoarjo #hargakambingaqiqahgresik #hargakambingaqiqahterdekat #hargakambingaqiqahmadiun #hargakambingaqiqahmagetan #paketaqi qah #aqiqahsurabaya #paketaqiqahsurabaya #paketaqiqahsidoarjo #paketaqiqahgresik